[Kompilasi Komik] PERMEN

Bukan. Bukan Holy Mother.
Hasil gambar untuk sigh gif

Kalian yang ngikutin postingan gue tentang Akiyoshi-sensei (gaada yang ngikutin woy, pede amat lu) pasti bertanya-tanya dimana review Holy Mother yang twist-nya edan abis itu. Nggak, gue nggak nge-post itu review di situs lain. Dan ya, gue belum selesai nge-review Holy Mother.

Hehe.

Bukan, bukan karena gue belum selesai baca bukunya—gue udah namatin ketiga buku sensei Januari lalu—, bukan juga karena gue nggak bisa nulis apa-apa saking “bengong”-nya. Jujur aja, gue udah pernah baca yang lebih twisted, tapi emang Holy Mother rapi banget, sih. Banget. B A N G E T.

So, alesan gue belum selesai buat review Holy Mother adalah; gue kekurangan waktu. Liburan semester gue cuma sampai Januari, men. Itu, singkat, banget. Dan karena gue selesaiin bukunya akhir Januari, otomatis gue pun menunda review karena kesibukan kuliah, menunda lagi, ah ada waktu luang—nulis dikit, nunda lagi, kemudian April pun tiba dan review yang gue tulis bahkan nggak sampai dua lembar.

Jadi begitulah. Bulan kemarin gw dapet voucher Gramed 100k yang gue pake buat beli komik SCRAMBLED punyanya Rosalina Lintang yang udah gw ikutin sejak lama di instagram (lintankleen) dan OMG IM SO HAPPY KARENA GW DAPET CARD-NYA VALENT—meski nggak se-rare Filan tapi gue memang ngincer Valent so—ya gitu deh.


Jadi, harga komik SCRAMBLED-nya 50k, gaes. Dan voucher-nya harus habis dalam satu kali pemakaian. Gue pun bingung, mau beli apa lagi ya hmmm.

Gue beli manga satu biji, yang harganya 24k. Masih sisa 26k, nih, hmmm. Akhirnya gue mencoba search komik-komik KOLONI lain di web resmi m&c. Gue pun tertarik dengan “PERMEN: Sebuah Kompilasi Komik” yang—ENTAH MATA GUE RUSAK APA GIMANA—harganya yang gue liat di web itu 35k, gaes. TAPI PAS DI KASIR JADINYA 55K!




PERMEN.
Apa rasa PERMEN dalam bayanganmu?
Manis, pedas, asam, atau asin?
Tiap orang mungkin punya bayangan yang berbeda.

Begitu pula tentang cinta.
Tiap orang punya rasa cinta yang berbeda.

6 komikus di dalam buku ini pun menyampaikan rasa mereka sendiri jika bicara soal cinta.



Dengan berat hati, gue mengeluarkan tambahan duit 29k ke mbak-mbak kasir. Sampai sekarang gue heran. Padahal lebih tebal SCRAMBLED, loh, daripada PERMEN. Tapi kok bisa… ah sudahlah, itu urusan penerbit yekan.

Sampai rumah gue pun langsung baca SCRAMBLED dulu—yang so pasti keren abis dan REKOMEN BANGET—yang nggak akan gue review karena lebih baik kalian beli sendiri. Bagus soalnya, hehe. Beberapa menit setelah baca SCRAMBLED, gue pun membuka bungkusan PERMEN. Anjir artinya kok jadi lain wkwk.
Hasil gambar untuk eat candy gif

So, alasan kenapa gue memilih PERMEN daripada KOLONI yang lain adalah… yep, cover art-nya. Bagus dan menarik! Sebagai orang yang men-judge isi buku dari cover, akhirnya gue milih kompilasi komik ini. Tapi ternyata gue salah. Isinya bukan komik shoujo penuh cogan, tapi lebih, lebih dark.

Yaterus kenapa masang cover ginian anjir lah ketipu gue -_-

Jadi ada 6 cerita berbeda disini, dari 6 komikus berbeda, yang juga katanya mewakili 6 rasa PERMEN yang beda-beda. Gue review satu-satu. DAN BAKAL REVIEW SEMUANYA ALIAS BAKAL SPOILER, OKAY? Sip.

#1

Cerita pertama judulnya Cinta Rosa. Baca judulnya aja kalian udah tau, kan, gue ngebayangin apa? Yap, Cinta Fitri yang season-nya bakal disusul Natsume Yuujinchou /gak/.

Jadi Cinta Rosa ini dibuat oleh Tan Feli sebagai illustrator dan Syuli sebagai storywriter. Ngebaca Tan Feli, gue auto tau kalau ceritanya bakal menjurus ke horror-supernatural (tau, kan? Tan Feli yang webtoonist Born to Death itu, loh).

Oke, lanjut.

Jadi cerita ini berfokus pada seorang cewek bernama Rosa, yang punya gebetan (sebut saja Andi) tapi malu-malu cacing gitu PDKT-nya. Untunglah si Rosa ini punya temen yang nyuruh dia “udah cepetan deketin, mumpung katanya dah putus ama pacarnya”. Jadilah si Rosa memulai langkah pertama PDKT-nya.

Gue singkat aja, ya, biar cepet. Ending-nya, si Rosa ini bakal ngikutin si Andi ke rumah sakit karena penasaran kenapa mas Andi selalu gak bisa diajakin nge-date. Pas dia ngikutin, dia ngeliat sang gebetan masuk kamar mayat. Dan bener kata gue—disana udah ada hantu pacarnya mas Andi yang bakal mencelakakan semua cewek yang dekat dengan Andi. Anehnya, mas Andi kayak fine-fine aja akan hal itu. Akhir ceritanya, sih, si Rosa jatoh dari tangga. Entah mati entah enggak, gue keburu bomat.



Jadi apa yang bisa gue nikmati dari cerita di atas? Jujur aja; nggak ada. Plotnya nggak terlalu mengejutkan, karakternya pun nggak kuat. Gue selalu ngerasa Rosa ini plin-plan, di awal dia maluuu banget, entarnya dia agresif banget. Mas Andi juga gue tangkep karakternya cuma sepintas lalu. Gue nggak masalah tentang si cowok yang masih pacaran sama si hantu—oke, supernatural mah, bebas. Yang gue permasalahin adalah 1) kenapa kamar mayat nggak dikunci, 2) kenapa kecelakaan cewek-cewek sebelum Rosa dianggap kejadian biasa sehingga nggak ada heboh-hebohnya—yang berefek gaada yang curiga sama mas Andi.

Hm. Ini agak aneh. Kenapa penjelasan “rumor tentang cewek-cewek yang celaka setelah nembak Andi” ini ditampilkan di akhir? Dan kalau sudah tau begitu, kenapa sahabat si Rosa ini malah nyuruh Rosa cepetan nembak Andi? Padahal dia sendiri loh, yang bilangin rumor itu ke Rosa… yasudahlah.

#2

Lanjut. Komik pendek kedua berjudul Determinasi oleh Fauzy Zulfikar.

Padahal ini komik tinju yang “bukan gue banget” tapi gue malah lebih menikmati ini daripada komik pertama. Jadi ada seorang preman bernama Arga yang bosen idup sebagai sampah, kemudian ketemu sama mantan petinju dan akhirnya diajarin tinju gitu. Plotnya jelas, karakternya Arga juga “sampai” ke gue. Cuma ada beberapa adegan serius yang malah bikin gue ngakak.

1)      Adegan ketika Agam (si mantan petinju) memperkenalkan diri.

Bayangin. Nih ada bapak-bapak nih, entah datang dari mana, eh tiba-tiba nyeritain masa lalunya sebagai petinju berjulukan “The King”. Itu gue ngakak buyar wkwkwk. 

Hasil gambar untuk laugh out loud gif

Ada urusan apa si bapak yang datang tak diundang pulang tak diantar ini tiba-tiba muncul dan nyeritain masa lalu? Plis kenalan dulu boleh laaaah… wkwkwk.

Oke, gue nangkep alesan kenapa si bapak harus menceritakan masa lalunya, tapi bakalan lebih epic (menurut gue) kalau saat si bapak Agam ini muncul, si Arga sensi dan langsung ninju—trus ditangkis ama Agam. Katanya cedera kaki kan pasti bisa nangkis doang, kan? Hehe. Nah, dari situ lah baru Agam kemudian bilang bahwa Arga berbakat lalu baru deh, cerita masa lalu bla bla.
Menurut gue aja, sih. Mungkin pembaca lain ngerasa kalau plotnya udah pas. Gue nggak bisa nge-judge.

2)    Adegan ketika Arga meratapi nasibnya, “Kenapa gue mau makan aja musti ngehajar orang dulu?”.

Enggak, bang. Pemikiran salah. Abang nggak perlu kerja di gedung. Abang punya otot, dan banyak kerjaan halal yang pake otot. Misal, kuli atau tukang bangunan. Adegan “ratapan” ini mungkin bertujuan buat menggali simpati pembaca, tapi setelah membaca “ratapan” ini, gue (bukannya simpati) malah ngerasa kesel karena pikiran Arga terlalu sempit.

Itu aja, sih. Sayang banget “durasi” komiknya terlalu singkat. Padahal gambar pertarungannya bagus, hehe.

#3

Selanjutnya My Dear Janitor oleh Gladys E.

Cinta antara guru dan murid? Biasa. Cinta antara petugas kebersihan sekolah dan murid? Hmm.

Hasil gambar untuk omoshiroi gif

Komik ketiga ini adalah komik yang paling bisa gue nikmati. Bukan karena ceritanya tipe-tipe shoujo romance, bukan juga karena Pak Faldi sangat amat super duper kyot, tapi karena memang plot dan karakternya sangat “sampai” ke gue.

Plotnya simpel. Karakternya lovable. Ringan banget. Padahal “durasi” komiknya cuma nambah 2 lembar dibanding yang lain, tapi gue merasa sudah mengenal karakter Abigail dan Pak Faldi dengan baik. Gue tau apa masalah yang mereka hadapi, gue tau apa yang mereka rasakan, dan gue tau bagaimana mereka menghadapinya. Dengan begitu saja, gue udah bisa bersimpati pada mereka.
Saat gue udah bisa bersimpati, gue bisa menikmati. Ceritanya jadi berkesan di gue. Sip.

#4

Sang Pemburu oleh Alfi Zachkyelle.

Jujur. Maaf banget, tapi ini komik paling nge-krik yang pernah gue baca.

Temanya keren; pemburu naga. Latarnya pun penuh fantasi gitu. Tapi menurut gue pembawaan ceritanya aneh banget, chit chat random-nya banyak.

Jadi, pemburu naga ini bertim gitu. Nah, mereka dikasih misi sama—entah, semacem calo?—yang nunjukin lokasi si klien yang pengen mintak bantuan mereka. Lokasi kliennya itu ditunjukin pake semacem proyektor dari mesin berbentuk lebah gitu duh keren banget dah. Nah, pemimpin tim pemburu ini, sebut saja Zad, ceritanya udah bosen karena ngebunuh naga sekarang udah gampang, gaada tantangannya lagi.

Disuruh nyari pacar pun jawabannya kayak “Ngapain coba ngurusin pacaran, mending fokus ngurusin naga”. Yaudah, mas, cobak tantangan baru deh, nangkep naga buat dilatih gitu misalnya kan keren tuh. Siapa tau bisa gini:


Nah, klien mereka kali ini ternyata adalah seorang cewek cantik bernama Chelsea—DAN ZAD LANGSUNG JATOH CINTRONG GIMANA SIH KATANYA GAMAU NGURUSIN PACARAN-PACARAN IH APASIH MAS ZAD INI ELAH. Oke, itu nggak masalah. Meski tampang Zad udah dewasa tapi ternyata labil, itu nggak masalah. Masalahnya si cewek, nih.

Kok mereka sama sekali nggak curiga, sih, sama ini cewek. Darimana dia tau tempat naga terakhir berada, coba? Dan dia itu siapa? Kenapa dia bisa ngejanjiin lencana naga? Emang itu lencana bisa langsung dikasih oleh sembarang orang?

Dari sini aja gue udah bisa nebak apa yang terjadi selanjutnya. Pasti si cewek ini lah si naga terakhir. Yakin bat gue.

Hasil gambar untuk rolling eyes gif

Dan gue benar. Di tengah-tengah pertarungan, Zad menyadari kalau naga yang dia lawan itu si cewek. Zad nggak bisa membunuhnya, terus ya—dia sendiri yang mati. Udah. But kata-kata terakhirnya…


…………………

.............................................

.......................................................................

GELI GUEEEEEEE ANJAAAYY WKWKWKWK “NAGA BERNAMA CINTA” KATANYA ASDFGHJKLAHDVAHHSFGFD

Oke, ahem, maafkan. Mungkin bagi sebagian besar pembaca, adegan terakhir itu terasa cheesy, tapi di gue itu terdengar geli banget sumpah adooohh wkwkwkwk.

Setelah baca ini, gue masih nggak ngerti dunia yang mereka tinggali. Nggak ada penjelasan tentang “Gimana, sih, sistem berburu naga?”, “Darimana, sih, naga-naga itu muncul?”, dan “Kenapa bisa naga-naga itu mengganggu manusia?”. Apa mungkin komikus pernah membuat universe yang sama dengan yang ada di komik ini? Well, orang awam kayak gue mana tau T_T

And my biggest question ada di adegan terakhir. Zad terima aja gitu kalau naga terakhir itu si cewek. Kenapaaa? Apa emang lumrah kalau seorang manusia bisa jadi naga? Kalau iya, kenapa dari awal dia nggak curiga?

Idk. But gambarnya unik, dan konsep dunia yang mereka tinggalin itu k e r e n b a n g e t.

#5

Things Happens karya Rizky Viyanriri.

Kata pertama yang terlintas di benak gue setelah membaca komik ini adalah; unik.

Baik karakternya, ceritanya, percakapannya, semua mateng banget. Nggak biasa. Terasa “berat” sekaligus “ringan” di saat yang sama(?). Agak susah mengerti maksud dari komik ini, tapi disitu lah letak keistimewaannya.

Jadi ada designer (cmiiw) bernama Grace yang suatu hari mengalami kejadian-kejadian aneh. Kejadian ini bermula saat mamahnya ngajakin Grace ikut pertemuan baby shower (mandiin bayi? Mandiin bayi yang baru lahir kah? Tell me apa itu baby shower pls) dan dia nggak mau pergi karena masih gak terima ayahnya nikah lagi. Ya, yang hamil itu ibu tirinya. Jadi dari situ, Grace mulai mengalami hal-hal yang nggak biasa di kehidupannya yang biasa.

Pertama, di-sms sama temen pagi-pagi—yang biasanya nggak pagi-pagi, jadi itu terhitung kejadian aneh.

Kedua, ada anak burung yang jatoh di beranda rumah (atau apartemen?) Grace.

Ketiga, ditembak junior—yang adalah seorang cewek. Fyuh. GUE SUKA BANGET EFEK KEJUTNYA.

Dan akhirnya dari obrolan sama si junior inilah dia mulai bisa memahami kenapa orang tuanya cerai, tapi masih bisa tetep bersahabat—yang bikin gue juga mengerti bahwa, ya, bentuk cinta itu beda-beda.

So—begitulah, ending-nya, si temen cowok yang sms dia pagi-pagi itu dateng buru-buru ke rumah Grace setelah Grace ngasitau kalau dia ditembak cewek HAHAHAHAHA sumvah kocak abis dah ni orang berdua XD. Dan yes, there’s something on this two aaawww LUCU BANGET ADOH MY KOKORO.

Hasil gambar untuk cute react gif

My fav in this antho. Baik story maupun art. Boong banget dah komikusnya bilang ini 20% skill.

#6

Last, The Story About My Father karya Thoma Prayoga sebagai illustrator dan Herrad Syafrian yang ngurusin ceritanya.

Jadi ada seorang anak yang kena bully temen sekelas karena ayahnya dirumorkan adalah preman. Dan kesalahan si anak ini adalah dia lebih percaya rumor daripada nyaritau kebenarannya. Alhasil, dia pun bilang “Aku benci Ayah! Aku malu sama Ayah!” dan drama lainnya. Hingga kemudian baru diketahui kalau si ayah ini sebenernya menolong orang lain dengan cara menghajar preman lain yang mengganggu mereka.

Plot-nya rapi, gambarnya juga keren, dan ending-nya bagus! Keliatan kalau plot-nya rapi wkwk.

-:-

So, secara keseluruhan, tbh menurut gue komik-komik di kompilasi ini adalah standarnya komik lokal. Bagi otaku macem gue ya, emang ngerasa ini boring sih. Tapi mungkin bisa jadi menarik banget bagi orang lain. Semua masalah selera aja, kan? Hehe.

Jadi begitulah. Mohon maaf bila ada kata-kata gue yang bikin tersinggung.

Hasil gambar untuk bowing gif
 
Dan ya, gue emang sok tau dan sok ngomentarin karya orang lain seenak jidat hahaha. See you in the next review—semoga Holy Mother.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Novel] The Dead Returns

[KumCer] Tales from the Dark