Ambang Batas




Pernah nggak sih lo ada di tahap udah lelah tapi nggak bisa nyerah? Pengen lepas tapi masih terikat, pengen kabur tapi nggak tenang karena ada beban.

Emang salah gue sih karena mager ngerjain skripsi, tapi, gimana ya, rasanya gue udah nggak termotivasi lagi.

Temen-temen udah pada mau wisuda, rasanya gue ditinggal. Dulu motivasinya biar bisa bareng. Sekarang, saat udah nggak bisa nyusul, lalu apa gunanya gue ngebut? Mending santai. Pemikiran ini bikin gue tambah mager aja setiap harinya.

Dosen juga nggak ada yang ngejar atau ngasih deadline. Kalau kayak gini, rasanya beneran tinggal gue sendiri doang yang struggling dan nggak bisa maju. Meskipun sebenernya masih banyak temen-temen yang bisa gue ajak bareng...

Alasan lain adalah karena gue takut. Trauma sama hasil ujian proposal kemarin. Emang semua salah gue sih itu. Harusnya gue belajar dari sana biar nggak kejadian lagi, lalu melangkah maju. Tapi terus aja kebayang situasi yang sama bakal terjadi saat gue sidang, dan itu bikin gue tambah nunda lagi, nunda lagi.

Kadang gue iri sama temen yang bisa ngerjain bareng. Coba dari dulu gue kayak gitu... nggak ada gunanya juga sih nyesel sekarang.

Aah, kesel banget.

Kenapa sih gue ngambil koding padahal nggak bisa ngoding?

Di satu sisi, gue menyesal karena ngambil koding. Di sisi lain, gue juga nggak pengen ngambil yang non koding. Kuliah IT 4 tahun tapi nggak bisa koding buat apa? Pikir gue. Setidaknya, meski cuma buat skripsi, ada lah ingatan gue tentang koding.

Kadang ngeliat temen-temen yang udah selesai tuh, bikin pengen ngulang ngambil topik yang non koding aja biar gampang dan selesai cepet.

Tapi kadang, gue meyakinkan diri. I'll take the hardest path, karena itu jalan hidup paling indah. Katanya tekanan bikin lo bisa melampaui batas. Gue pengen nguji diri sendiri, selama ini juga gue memang solo player kok di konsentrasi gue. Dan gue jalanin, gue lewatin. Itu aja bisa, kenapa sekarang enggak?

Atau emang guenya aja yang masokis. Haha.

Udah sejauh ini, gue nggak bisa berhenti. Tapi juga males lanjut, karena gue selalu mikir "masih ada besok". Padahal waktu cepet banget berlalu, dan yang udah lalu nggak bisa diulang. Gue udah pengalaman begini berbulan-bulan, tapi kenapa gue masih berpikir kayak gini, ya?

Kadang kesel sama diri sendiri, kenapa nggak bisa konsisten? Kenapa nggak bisa nepatin janji yang udah dibuat ke diri sendiri? Kenapa terus ngeluh, padahal gue sendiri yang milih jalan ini?

Penuh kontradiksi banget sih, gue ini.

Apa gue udah ada di ambang batas? Bahkan sebelum gue mencoba?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Kompilasi Komik] PERMEN

[Novel] The Dead Returns

[KumCer] Tales from the Dark